TERAPI LISTRIK

Listrik memegang peranan penting dalam bidang kedokteran. Ada dua aspek kelistrikan dan magnetis dalam bidang kedokteran yaitu: listrik dan magnet yang timbul di dalam tubuh manusia serta penggunaan listrik dan magnet pada permukaan tubuh manusia.

Sejak tahun 1780 Listrik sudah dipelajari, pada awalnya yang dipelajari adalah aliran listrik yang terdapat pada tubuh hewan (Eksperimen  Luigi Galvani). Hasil eksperimennya membuktikan bahwa kedua kaki katak terangkat ketika diberikan aliran listrik lewat sebuah konduktor.

Pada tahun 1892 Arons merasakan ada aliran listrik frekuensi tinggi melalui dirinya dan asistennya. Tahun 1899 Van Seynek melakukan pengamatan tentang terjadinya panas pada jaringan yang disebabkan oleh aliran listrik frekuensi tinggi dan tahun 1928 Schliephake melaporkan tentang pengobatan penderita dengan menggunakan ”short wave diathermy” (diatermi gelombang pendek), termasuk listrik berfrekuensi tinggi.

Energi di dalam tubuh kita akan mencapai keseimbangan dengan terbentuknya ion-ion negatif dalam jumlah memadai memasuki tubuh kita, sehingga dapat menyingkirkan ion-ion positif yang berlebihan. Ion-ion positif yang berlebih ini akan merugikan tubuh manusia, di antaranya menurunkan imunitas tubuh, sehingga kita gampang terkena infeksi oleh mikroorganisme, memengaruhi fungsi atau kerja jantung. Idealnya, di dalam tubuh kita harus terdapat 80% ion negatif dan 20% ion positif. Ion negatif yang banyak terdapat di dalam membran sel akan mengaktifkan sel organ tubuh, meningkatkan metabolisme, mengaktifkan kerja enzim-enzim pada organ-organ tubuh yang juga bermanfaat dalam proses detoksifikasi zat-zat tidak berguna bagi tubuh.

Ion negatif ditambahkan ke dalam sel melalui rangsangan listrik sehingga tercapai keseimbangan tersebut.

4 comments
  1. Saya lagi cari referensi terapi listrik di mks..blh info dmn saja? pak @foredihappy blh tau bpk coba dimana?
    Om saya kena stroke, googling2 katanya terapi listrik bisa jg menyembuhkan penderita stroke..
    Terima kasih sebelumnya..

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.