LULUS SEKOLAH DASAR

Tahun 1982 – Aku lulus SD,..‘‘Aku diterima di salah satu SMP terfavorit di Tanjung karang..Rasanya bangga sekali karena dari SD tempatku belajar hanya lima orang saja yang bisa diterima di SMP tersebut..‘‘Tapi mungkin bukan karena aku pandai sehingga bisa masuk ke SMP favorit itu.. Karena ketika mengikuti tes masuk saat itu, aku tidak begitu yakin bisa mengerjakan soal-soalnya.

‘‘Bisa jadi aku diterima karena Kepala sekolah dan beberapa orang guru yang mengajar di sekolah tersebut ternyata kenal baik dengan orang tuaku..Aku tidak tahu persis, tapi sepertinya ada negosiasi terselubung antara bapakku dengan pihak sekolah, soalnya beberapa kali aku melihat bapak berada di sekolah menjelang pengumuman penerimaan siswa baru..

Tapi bisa jadi itu cuma dugaanku saja. Kemungkinan yang lain, waktu mengisi jawaban soal-soal secara kebetulan aku mencontreng pilihan yang benar. Memang waktu itu soal-soal yang disajikan hanya pilihan berganda tidak ada yang bentuk isian. Jadi aku tinggal pilih diantara ABC dan D pasti ada satu yang benar., kebetulan saja huruf yang aku contreng benar…‘‘Kemungkinan yang lain lagi adalah teman-temanku yang lebih pintar dari aku nasibnya sedang apes atau sial..!! Kemungkinan terburuk lainnya lagi adalah..,aku memang benar-benar pintar paling tidak dibandingkan dengan teman-temanku lainnya…!!

Tak terasa delapan tahun sudah aku tinggal di Tanjung karang..,Banyak sekali perubahan wajah dan fisik di kota kecilku itu selama kurun waktu tersebut..Persis di depan rumah yang sebelumnya adalah tanah kosong dan ditumbuhi semak belukar, tampak sudah berdiri kokoh Gedung olah raga yang sangat megah.

Saat itu Gedung olah raga tersebut adalah bangunan yang terbesar di Propinsi Lampung…‘‘Jika malam hari jalan-jalan utama yang tadinya gelap gulita, sudah mulai terang oleh lampu-lampu Gedung, dan lampu-lampu yang ada di tiang listrik juga ikut menerangi jalan. Banyak Gedung-gedung baru dan pusat pertokoan yang mulai ramai tumbuh dimana-mana..

Sayangnya tak hanya perubahan secara fisik saja yang dialami oleh kota kecil ku itu..Masyarakatnya pun mengalami perubahan kultur yang membingungkan..Dari tahun ke tahun makin banyak saja pendatang baru yang menjadi penghuni tetap di Tanjung karang.

Mereka datang dengan membawa adat dan budaya masing-masing.., Mereka masuk dengan tidak meninggalkan tradisi darimana mereka berada..,Maka jadilah kota kecil itu kota yang multi kultur dan multi budaya..Tapi kenyataan ini semakin menggusur budaya Lampung yang waktu itu memang sudah mulai terpinggirkan..

jika kita masuk atau bertempat tinggal ke daerah tertentu, umumnya lama kelamaan kebiasaan kita termasuk bahasa yang kita pergunakan akan mengikuti budaya yang ada ditempat baru tersebut..Contohnya jika kita tinggal di Yogyakarta, lama-kelamaan logat bahasa kita akan menjadi seperti orang jawa dengan gaya yogya..Dan tak heran kalau bahasa sehari-hari seperti Nuwun sewu,..sugeng enjang..tiang Yogya..dengan mudah dapat dipelajari. Karena memang selain bahasa Indonesia, bahasa yang dipakai sehari-hari di Yogyakarta adalah bahasa Jawa..

Demikian juga kalau kita ke Kota Palembang dan tinggal disana agak lama,  kebiasaan orang palembang termasuk logat bahasanya pasti akan sangat mempengaruhi kita..“Bahasa-bahasa umum seperti ..Wong kito galo..,lemak nian..,dll akan dengan mudah didengarkan dalam percakapan sehari-hari di Palembang. Ini secara tidak langsung akan mempermudah kita mempelajari bahasa Palembang..

Atau jika kita lama tinggal di Bandung maka tanpa sadar kita akan bergaya seperti layaknya orang sunda..muhun.., punten neng geulis..,bade angkat kamana..,iye.., saha eta..dll akan melekat dikepala kita dengan mudah karena seringnya kita mendengar orang menggunakan bahasa sunda di sana..Demikian juga jika kita berada di Kota-kota lain…, umumnya budaya dimana tempat kita tinggal yang akan mempengaruhi kita bukan sebaliknya..

’‘Tapi uniknya jika kita pergi dan lama tinggal di Bandar lampung jangan heran kalau kita akan jarang sekali mendengar orang berbahasa lampung di tempat-tempat umum.. Di pasar dan ditempat-tempat keramaian jusru kita akan lebih sering mendengar orang-orang menggunakan bahasa daerah lain seperti Jawa dan sunda..

Sesama orang Lampung saja jarang menggunakan bahasa Lampung apa lagi para pendatang..Jadi maklum saja kalau sampai sebesar ini aku belum bisa menggunakan bahasa Lampung…

Mungkin karena sistem pemerintahan pada jaman orde baru dulu selalu menempatkan orang jawa sebagai pemimpin di Propinsi Lampung, sehingga  budaya dan bahasa Lampung kurang berkembang seperti yang diharapkan

Pada masa itu pejabat negara seperti Bupati dan Gubernur  entah kenapa selalu dari kalangan militer dan selalu orang jawa..Sehingga tidak mengherankan kalau merek keripik pisang terkenal dari Lampung adalah SUSENO juga ada merek Kopi Lampung OJO LALI..Bahkan empek-empek buatan orang Lampung tetap saja disebutnya Empek-empek Palembang…

Ada satu daerah di Lampung namanya Kabupaten Komring, penduduk disana menggunakan adat Lampung dan bahasanyapun bahasa Lampung Komring, kami menyebutnya orang Lampung Komring. Tapi anehnya kalau kita lihat di peta, letak Geografisnya justru ada di Propinsi Palembang…Buatku ini sesuatu yang aneh dan menyesatkan..“Mungkin ada baiknya kita segera lapor kepada Jaya Suprana agar masuk dalam daftar kamus kelirumologi..

Karena banyaknya orang jawa di Lampung bapak sering menyebut Lampung adalah Jawa bagian utara..dan memberi gelar orang-orang  jawa yang lahir di Lampung dengan sebutan PUJA KESUMA.., artinya Putera Jawa Kelahiran Sumatera.

Di jaman orde lama dan orde baru Lampung adalah salah satu tujuan transmigrasi yang menjanjikan..Tanah lampung terkenal subur tidak heran kalau hasil buminya melimpah ruah..Aku masih ingat ketika masih duduk di Sekolah Dasar ada satu pelajaran namanya Himpunan Pengetahuan Umum atau disingkat HPU..

Di buku pelajaran itu tertulis Lampung adalah salah satu penghasil biji besi terbesar di dunia. Selain itu juga tertulis Propinsi Lampung juga penghasil lada terbesar di dunia. Ada lagi yang menyebutkan Lampung salah satu penghasil kopi robusta terbanyak di dunia..Lampung juga terkenal dengan hasil kebun lainnya seperti Kelapa sawit, cengkeh, kopra, pisang, pepaya, duku, durian, rambutan, vanila..dan lain-lain..

Jika sedang datang musim buah harganyapun murah-murah, semua orang sepertinya mampu membeli buah apa saja karena sangat murah..(apa lagi buah yang busuk-busuk, murah banget..he3x).

Tapi kebanggan itu lambat laun mulai berkurang..Lampung memang masih mengandalkan hasil bumi sebagai pendapatan daerah tapi sudah tidak yang terbesar lagi..Eko sistem rusak parah, hutan dibabat habis untuk lahan pertanian, perkebunan dan perumahan..Maka tidak mengherankan jika seringkali ada berita di koran yang mengabarkan sekawanan gajah ngamuk dan merusak perkebunan serta rumah penduduk. Atau berita tentang sekawanan harimau memakan ternak penduduk dan membunuh pemiliknya..Ini akibat habitat mereka yang dirusak begitu saja oleh manusia..

Di SMP itu aku mulai banyak mengenal orang-orang baru dengan bermacam karakter yang sangat berbeda dari teman-teman yang ada di sekolahku dulu. Apalagi dengan teman-teman disekitar rumahku..‘‘Di sekolah baruku itu aku mulai banyak mengenal dan berteman dengan orang-orang yang asli suku Lampung..

Sayangnya di SMP itu tidak ada yang tahu kalau aku pernah punya ajimat walaupun palsu.., jadi tidak ada yang segan lagi terhadapku..Tak akan ada lagi yang minta tolong kepadaku untuk pinjam ajimat..

‘‘Untungnya aku masih punya kelebihan lain yang cukup bisa aku banggakan. Aku bisa bermain gitar dengan baik, sehingga aku jadi mudah dikenal di sekolah itu karena aku sering membawa sekolahku menjadi juara festival vokal group atau folk song..‘‘Sebenarnya aku memang masih ingin meneruskan latihan tenaga dalam tapi sudah tidak ada teman lagi yang mau ikut, jadi akupun malas berangkat latihan sendiri..

Kebetulan di sekolah ada ekstra kurikuler Karate, langsung saja aku mengambil keputusan dan mendaftar kegiatan itu. Ini dapat sedikit mengobati rasa kecewaku karena berkali-kali keinginanku terhambat..‘‘Sayangnya aku harus memulai dari awal lagi dengan memakai ban putih lagi..

ternyata kegiatan ekstra kurikuler itu hanya boleh diikuti satu semester saja…ketika berganti semester sudah tidak ada lagi kegiatan itu lagi, diganti dengan yang lain. Lagi-lagi aku harus merasakan  kecewa untuk yang kesekian kali..

Sama seperti sekolah-sekolah lainnya, tiap sekolah ada saja anak yang bandel dan badung..Di SMP ku tersebut juga ada beberapa anak yang badung..bahkan ada yang mendirikan gang layaknya mafia atau Teroris..mereka bisa semena-mena terhadap teman-teman yang lain..Pendek kata anggota gang tersebut harus ditakuti oleh murid-murid yang lain..Mereka melakukan vandalisme dimana-mana untuk menunjukkan jati diri ..Melakukan kebut-kebutan di jalan, mengganggu siapa saja yang mereka inginkan..Padahal masih duduk di SMP

Salah satu anggota gang di sekolahku bernama Zulkifli..,badannya tinggi besar paling tidak dibandingkan dengan teman-teman yang sepantar..,Mukanya sangar penuh codet entah bekas apa dulunya..,di lehernya tergantung kalung bergambar tulisan arab dari kain warna hitam..’’Itu pasti jimat asli aku menduganya begitu..’’..Melihat namanya seharusnya dia tidak cocok jadi anak badung..Zulkifli kata guru ngajiku artinya adalah…………sangat bertentangan dengan sifat dan perbuatannya..

Kelihatan sekali kalau dia sangat membanggakan jimat yang bertengger di lehernya..Aku heran juga..,dulu waktu aku punya ajimat selalu aku sembunyikan di tempat tersembunyi dan memakainyapun sangat hati-hati..Tapi si Zulkifli ini terang-terangan tanpa tedeng aling-aling menunjukkan bahwa dia punya azimat..

Semua orang sungkan kepadanya..,anggota gang di sekolahku juga tampaknya sangat menghormatinya..Diam-diam aku iri kepada Zulkifli..,bukan iri terhadap kelakuannya..,tapi terhadap azimat yang dimilikinya..Aku selalu berfikir, kira-kira dari mana dia dapat jimatnya ya.. ?..Aku juga pernah mencoba mencari tahu apa saja kegunaan azimat tersebut…

Dari informasi yang aku dapat si Zulkifli ini punya azimat karena beli dari seorang dukun yang ada di salah satu kampung di kotaku..Konon harganya sangat  mahal sekali…Kabarnya Zulkifli tidak mempan di bacok dan bisa memukul orang dari jarak jauh seperti yang dilakukan oleh pelatihku ketika melakukan latihan tenaga dalam dulu..bahkan kabar lainnya lagi Zulkifli punya ilmu bisa menghilang dari pandangan orang..

Wah..kalau memang benar.., mendingan aku nabung saja untuk beli ilmu atau azimat dari pada capek-capek latihan dan wiridan seperti kakakku..toh hasilnya sama saja pikirku…,Mulai besok aku bertekad akan menyisihkan uang jajanku untuk ditabung buat beli azimat..Aku semangat sekali megumpulkan uang, aku rela tidak pernah jajan di sekolah selama uangku belum cukup untuk membeli azimat sakti…Sedikit demi sedikit akhirnya aku berhasil mengumpulkan uang yang sepertinya sudah cukup untuk membeli ajimat..

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.